Rabu, 20 Agustus 2014

Tentang PGSD


Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan  pada tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . Program studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan inovasi  pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi  PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi dalam  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka mahasiswa  diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose) selama  1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan  visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD, Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



1.1.2 Visi
 
Menjadi program studi terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing   di tingkat lokal dan global dengan keunggulan dalam IPTEK dan   IMTAQ .
  
1.1.3  Misi
1)      Menyelenggarakan pendidikan di bidang ke-SDan, yang mengedepankan   Pendidikan Kesederajatan (inklusif), kemuhammadiyahan, berkualitas professional yang Islami.
2)      Menyelenggarakan penelitian di bidang IPTEK kependidikan ke SD-an, keislaman dan kemuhammadiyahan.
3)      Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggungjawab sosial berasaskan amal usaha muhammadiyah yang mengutamakan para kaum du’afa.
4)      Mejalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan ke SD-an.
1.1.4 Tujuan
 
1)      Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) yang berkualitas, professional dan islami.
2)      Menyelenggarakan pengembangan penelitian di bidang pendidikan Ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) dan pembelajarannya dengan menggunakan metode tindakan kelas.
3)      Menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEK di bidang ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.
4)    Menjalin kerjasama   (networking) dengan lembaga atau instansi yang terkait untuk meningkatkan mutu dan profesinalitas lulusan.
1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
 
Sasaran yang ingin di capai oleh program studi PGSD sampai dengan tahun 2012 adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, sehingga terpenuhinya angka kecukupan akreditasi, dengan rincian:
  1. Tersusunya renstra program studi dan tersosialisasikan ke seluruh civitas akademika.
  2. Tersusunya kurikulum revisi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis pendidikan kesederajatan/inklusi) serta   penjabaranya ke dalam silabus setiap mata kuliah.
  3. Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan pemanfaatan multimedia
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan.
  5. Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi rata-rata minimal 2,75, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola pembelajaran kesederajatan di sekolah  inklusi.
  6. Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman studi lanjut dan magang.
  7. Melaksanakan kegiatan 10 penelitian dosen tentang pembelajaran di SD
  8. penyelenggara inklusif dan SD umum
  9. Terpublikasikannya 20 karya ilmiah dosen dan mahasiswa di jurnal lokal dan Nasional.
  10. Melaksanakan 5 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Menejemen Berbasis Sekolah di SD Inklusif dan SD umum se  Malang  Raya.
  11. Menjalin kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) ”Pembina” dan Tim 
  12. Pengembang sekolah Inklusi Jawa Timur untuk peningkatan SDM dosen dan kualitas  lulusan.
  
1.1      Sosialisasi
        Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Program studi PGSD berupaya mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan sasaran dengan melakukan beberapa  kegiatan. Kegiatan yang dilakukan Program Studi PGSD adalah melalui; web, seminar, pelatihan, pengabdian  masyarakat, pembuatan buklet dan leaflet, publikasi melalui mahasiswa baik mahasiswa Reguler maupun mahasiswa PJJ PGSD berbasis ICT yang masih aktif untuk ikut serta mempublikasikan Program studi PGSD.
 http://www.umm.ac.id/id/page/010304/keguruan--ilmu-pendidikan.html
Website: pgsd.umm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar